The future of pharmacist

The future of pharmacist

Farmasi adalah salah satu jurusan dengan prospek kerja terbesar di dunia. Tahun 2014 Dirjen Dikti merilis data yang menyebutkan bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan dengan peminat paling banyak nomor lima di Indonesia. Mungkin banyak pertanyaan lulusan farmasi atau farmasis mau kemana? Mau kerja dimana? Banyak sekali prospek farmasis, diantaranya: Farmasi Komunitas Farmasi komunitas merupakan prospek

Farmasi adalah salah satu jurusan dengan prospek kerja terbesar di dunia. Tahun 2014 Dirjen Dikti merilis data yang menyebutkan bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan dengan peminat paling banyak nomor lima di Indonesia. Mungkin banyak pertanyaan lulusan farmasi atau farmasis mau kemana? Mau kerja dimana? Banyak sekali prospek farmasis, diantaranya:

Farmasi Komunitas

Farmasi komunitas merupakan prospek kerja farmasi apoteker. Apoteker merupakan konsultan obat bagi dokter maupun pasien yang memerlukannya. Biasanya apoteker dapat bekerja di apotek, klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Rumah Sakit. 

Farmasi Industri

Prospek kerja farmasis lainnya dengan mengabdikan diri di dunia industri, seperti obat, makanan, minuman dan kosmetik. Biasanya dibagian research dan development, Quality Control, ataupun Quality Assurance.

Seorang farmasis jika bertugas dibagian pengembangan produk tidak hanya melakukan riset dan pengembangan terhadap produk itu sendiri, tetapi juga dituntut untuk bertanggung jawab terhadap desin kemasan produk

Quality control, secara umum mencakup monitoring, uji-tes, dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi produk tersebut. Memastikan bahwa standar kualitas perusahaan terpenuhi oleh komponen dari produk yang disediakan oleh perusahaan.

Farmasi Manajemen

Seorang apoteker tidak melulu bersentuhan dengan obat. Ada pelajaran lebih lanjut mengenai hubungan antara manusia itu sendiri, menciptakan hubungan baik antara rekan seprofesi, ataupun diluar profesi, bahkan dengan pasien.

Contohnya farmasis atau apoteker yang bekerja di Pedagang Besar Farmasi (PBF). Setiap PBF harus memiliki ahli seputar dunia farmasi, maka seorang apoteker sangatlah diperlukan sebagai penanggung jawab pelaksanaan ketentuan pengadaan, penyimpanan dan penyaluran obat dan/atau bahan obat.

Bidang pendidikan dan penelitian

Prospek kerja jurusan farmasi dalam bidang pendidikan banyak juga digeluti, kita dapat mengabdikan diri sebagai dosen di Jurusan Farmasi. Biasanya untuk menjadi tenaga pendidik dibidang farmasi khususnya, persyaratan yang dibutuhkan yaitu farmasis yang  menyelesaikan kuliah sampai jenjang S2 Jurusan Farmasi.

Atau bisa juga melamar disebuah instalasi penelitian, karena apoteker juga memiliki tanggung jawab di lembaga penelitian, yaitu meneliti khasiat dan keamanan obat bahkan menemukan obat baru. Selain itu apoteker juga dapat merumuskan formula obat atau bentuk sediaan baru agar obat dapat lebih bermanfaat bagi pasien.

Lembaga pemerintahan

Apoteker yang bekerja di lembaga pemerintahan seperti Badan POM bertugas merumuskan peraturan-peraturan dan melaksanakan fungsi pengawasan terhadap obat, baik obat tradisional, kosmetik ataupun bahan makanan yang beredar di Indonesia demi kepentingan dan kenyamanan konsumen. Selain BPOM, farmasi juga dibutuhkan di Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

Banyak sekali peluang lainnya yang tebuka lebar untuk seorang farmasis. Jadi, kalian mau jadi yang mana?

farmasi.nimda
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel