Farmasi Kelautan

Farmasi Kelautan

Wilayah laut indonesia telah dikenal dunia sebagai kawasan mega biodiversity, kepedulian kita terhadap besarnya potensi biota laut membuat para ilmuan dan produsen memanfaatkan peluang terhadap ekosistem laut. beberapa biota laut telah banyak diteliti, diekplorasi dan dikembangkan sebagai sumber bahan baku obat di industri farmasi, seperti : 1. Alga 2. Spons Laut 3. Ikan Eksplorasi dan penelitian

Wilayah laut indonesia telah dikenal dunia sebagai kawasan mega biodiversity, kepedulian kita terhadap besarnya potensi biota laut membuat para ilmuan dan produsen memanfaatkan peluang terhadap ekosistem laut.

beberapa biota laut telah banyak diteliti, diekplorasi dan dikembangkan sebagai sumber bahan baku obat di industri farmasi, seperti :

1. Alga
2. Spons Laut
3. Ikan

Eksplorasi dan penelitian biota laut untuk keperluan farmasi telah berkembang pesat dalam kurun waktu 30 – 40 tahun terakhir

Turunan obat dari laut yang telah diuji secara klinik telah banyak beredar dipasaran umum, bahkan pada tahun 2002 sudah banyak kimia obat yang berasal dari bahan hayati laut. Senyawa kimia obat dari laut ini terbukti sangat efektif untuk mengobati penyakit kanker.

Belakangan ini pengetahuan terhadap Farmakologi Kelautan dianggap disiplin baru yang memiliki potensi bisnis yang luar biasa terutama di negara bagian Eropa dan Asia, dikarenakan akhir-akhir ini minat masyarakat meningkat terhadap pemanfaatan sumber hayati laut, baik sebagai obat, suplemen makanan, kosmetika maupun terapi kesehatan lainnya dan telah mendorong para ilmuan dibidang keluatan untuk mengembangkan risetnya bagi pemenuhan masyarakat.

farmasi.nimda
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *