Memakai obat tetes mata yang benar

Memakai obat tetes mata yang benar

Masih banyak kekeliruan dalam mengoleskan obat tetes mata ataupun salep mata dan berujung pada hasil yang tidak maksimal. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain seperti mengoleskan di bagian mata yang kurang tepat, terlalu sering berkedip, ujung tube yang sering menyentuh bagian mata, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat menyebabkan obat salep mata kurang efektif untuk menyembuhkan

Masih banyak kekeliruan dalam mengoleskan obat tetes mata ataupun salep mata dan berujung pada hasil yang tidak maksimal. Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain seperti mengoleskan di bagian mata yang kurang tepat, terlalu sering berkedip, ujung tube yang sering menyentuh bagian mata, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat menyebabkan obat salep mata kurang efektif untuk menyembuhkan penyakit mata. Berikut cara penggunaan tetes mata dan salep mata yang benar.

Penggunaan Tetes Mata

  1. Mencuci tangan terlebih dahulu. Sebelum meneteskan obat tetes mata, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah terjadinya kontaminasi.
  2. Cek dahulu kemasan obat. Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa sebelum menggunakan tetes mata. Perhatikan juga apakah ada cacat pada kemasan obat atau tidak. Harus diingat bahwa  tempat keluar obat adalah daerah steril sehingga jangan sampai bagian tersebut tersentuh.
  3. Anda dapat memilih posisi yang paling nyaman, bisa berbaring atau mendongak.
  4. Dengan menggunakan satu atau dua jari, tarik kelopak mata bawah. Teteskan obat pada kantung kelopak mata. Perlu diperhatikan, ujung pipet obat tidak menyentuh apapun untuk menjaga kesterilan obat.
  5. Tutup mata selama 1-2 menit, jangan berkedip untuk memberikan waktu bagi mata untuk menyerap obat. Tekan sudut mata bagian tengah, dekat dengan hidung, agar cairan obat tidak masuk ke dalam saluran air mata yang berhubungan dengan hidung. Lidah juga mungkin akan terasa tidak enak karena cairan obat bisa menetes ke dalam rongga mulut.

 

Penggunaan Salep Mata

  1. Selalu cucilah tangan terlebih dahulu dan cek kemasan obat.
  2. Tarik kelopak bawah mata menggunakan jari telunjuk sehingga kelopak mata membentuk kantong
  3. Tekan kemasan salep sampai salep muncul sekitar 1 cm dan oleskan ke bagian dalam kelopak mata bawah..
  4. Setelah salep menempel di mata, kedip-kedipkan mata agar salep merata.
  5. Sesaat setelah salep berada di mata, pandangan Anda menjadi buram, tapi kondisi ini akan menghilang setelah salep merata dan meresap.
  6. Bersihkan sisa salep di sekitar luar mata menggunakan tisu.
farmasi.nimda
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *