Farmasis itu?

Farmasis itu?

Banyak yang mengira Farmasis adalah tukang obat atau “si penjual obat”. Tapi…

Farmasis? Apa itu?

Banyak yang mengira Farmasis adalah tukang obat atau “si penjual obat”. Tapi sebenarnya Farmasis sebutan untuk Tenaga Kefarmasian yang terdiri dari Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Apoteker.

Bedanya Tenaga Teknis Kefarmasian dan Apoteker?

Menurut PerMenkesRI No.9 tahun 2017, Tenaga Teknis Kefarmasian adalah tenaga yang membantu Apoteker dalam menjalan pekerjaan kefaramsian. Jadi semua bias jadi Tenaga Teknis Kefarmasian? oh, tentu tidak! Yang termasuk dalam Tenaga Tenaga Teknis Kefarmasian adalah Sarjana Farmasi (S1), Ahli Madya Farmasi (D3) dan Analisis Farmasi.

Lalu Apoteker itu? Nah dalam undang-undang yang sama dijelaskan bahwa Apoteker adalah Sarjana Farmasi yang telah lulus sebagai Apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan Apoteker.

Untuk menjadi Apoteker maka Sarjana Farmasi (S1) harus menempuh pendidikan profesi kembali selama 1 tahun sebelum akhirnya disumpah menjadi Apoteker. Kalau dari Ahli Madya Farmasi/Analis Farmasi bias langsung ke Apoteker? jawabannya Tidak! hanya yang dari Sarjana Farmasi yang dapat melanjutkan ke Apoteker.

Apa lagi sih yang membedakan Sarjana Farmasi dengan Apoteker?

Satu lagi yang membedakan antara TTK dan Apoteker adalah Sertifikat Kompetensi. Jika Apoteker memiliki STRA (Surat Tanda Registrasi Apoteker) maka TTK memiliki SIPTTK (Surat Izin Praktek Tenaga Teknis Kefarmasian) yang keduanya adalah sertifikat resmi dan diakui oleh Negara. Fungsinya sebagai persyaratan dalam melakukan pelayanan kefarmasian di Apotek, Rumah Sakit, Puskesmas, Industri Obat/Makanan/Minuman. Jadi penting banget kan TTK dan Apoteker!

Kalau jadi Sarjana Farmasi STIKIM keunggulannya apa?

Di STIKIM memiliki kompetensi unggulan dimana lulusannya nanti bukan hanya mampu bekerja di pelayanan kefarmasian. Namun dapat Mengembangkan Obat yang berbasis Herbal/Bahan alam, lalu bukan hanya itu di STIKIM ada kompetensi unggulan Kosmetik Bahan Alam. Tenang masih ada lagi bagi teman-teman yang berniat bekerja di Industri, yaitu dasar penjaminan mutu sediaan dimana fungsinya adalah sebagai tim evaluasi sebelum produk obat/makanan/minuman sebelum di pasarkan ke masyarakat.

farmasi.nimda
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel